Ditulis pada tanggal 6 March 2013, oleh admin, pada kategori Artikel, Jaringan Komputer

Standar IPv6 menentukan aliran sebagai urutan paket yang dikirim dari sumber tertentu ke tujuan tertentu (unicast atau multicast) ketika sumber menginginkan penanganan khusus melalui roauter yang menghalangi. Aliran secara khusus ditetapkan melalui kombinasi alamat sumber, alamat tujuan, dan label aliran nonzero 20 bit. Jadi semua paket yang menjadi bagian dari aliran yang sama ditetapkan dengan label aliran yang sama oleh sumber.

Berikut ini aturan-aturan yang diterapkan terhadap flow label:

  1. Host atau router yang tidak mendukung bidang flow label harus mengisi bidang ini dengan nol bila mengawali sebuah paket, melintasi bidang yang tidak berubah bila memajukan sebuah paket, dan mengabaikan bidang bila menerima sebuah paket.

  2. Semua paket yang berawal dari sumber tertentu dengan flow label nonzero yang sama harus memiliki muatan header alamat tujuan, alamat sumber, pilihan hop-by-hop yang sama (bila header ini ada), serta muatan routing header (bila header ini ada). Isinya adalah bahwa router bisa memutuskan bagaimana cara melakukan penjaluran dan memproses paket dengan cara melihat flow label di dalam tabel dan tanpa memeriksa sisa header.

  3. Sumber menetapkan flow label untuk aliran. Flow label baru harus dipilih secara acak dan seragam dalam rentang 1 sampai 220 ai??i?? 1, mengingat adanya pembatasan bahwa sumber tidak boleh menggunakan kembali flow label untuk aliran yang baru di dalam umur hidup aliran yang sudah ada. flow label nol disediakan untuk menunjukkan bahwa tidak ada flow label yang sedang digunakan.