Ditulis pada tanggal 6 March 2013, oleh admin, pada kategori Artikel, Jaringan Komputer

Hop-by-Hop Options Header yang membawa informasi tambahan yang, bila ada, harus diperiksa oleh setiap router di sepanjang jalur. Header ini terdiri dari hal-hal sebagai sebagai berikut.

ExtHdr_hop-by-hop

Hop-by-hop Options Header; Destination Option Header

  1. Next header (8 bit): menentukan tipe header yang segera mengikuti header ini.

  2. Header length (8 bit): panjang header ini dalam unit-unit 64 bit, tidak termasuk 64 bit pertama.

  3. Options: bidang panjang variabel yang terdiri dari satu atau lebih definisi pilihan. Masing-masing definisi dalam bentuk tiga subbidang: tipe pilihan (8 bit), yang mengidentifikasi pilihan, panjang (8 bit), yang menentukan panjang bidang data pilihan dalam octet, dan data pilihan yang merupakan spesifikasi pilihan panjang variabel.

Ini sebenarnya merupakan lima bitpaling rendah dari bidang tipe pilihan yang digunakan untuk menentukan pilihan khusus. Dua bit paling tinggi menunjukkan bahwa tindakan yang diambil oleh simpul tidak mengenali tipe pilihanini, di antaranya sebagai berikut.

  1. 00 ai??i?? melompati pilihan ini dan terus memproses header.

  2. 01 ai??i?? membuang paket.

  3. 10 ai??i?? membuang paket dan mengirim sebuah pesan parameter problem ICMP ke alamat sumber, menunjuk pada tipe piluhan yang tidak dikenal.

  4. 11 ai??i?? membuang paket dan, seandainya alamat tujuan paket tidak berupa alamat multicast, mengirim sebuah pesan parameter problem ICMP ke alamat sumber paket, menunjuk pada tipe pilihan yang tidak dikenal.

Bit tertinggi ketiga menentukan apakah bidang data pilihan tidak berubah (0) atau berubah (1) dalam jalur dari sumber ke tujuan. Data yang berubah harus dikeluarkan dari perhitungan keabsahan.

Aturan-aturan untuk bidang tipe pilihan ini juga diterapkan untuk header alamat tujuan.

Dua pilihan (options) hop-by-hop juga telah ditetapkan sejauh ini: pilihan payload jumbo dan pilihan router yang selalu siap. Pilihan payload jumbo digunakan untuk mengirim paket-paket IPv6 dengan payload yang lebih panjang dari 65.535 octet. Bidang data ini memiliki panjang 32 bit dan memberi panjang paket-paket dalam octet, tidak termasuk header IPv6. Untuk paket-paket semacam ini, bidang panjang payload di dalam header IPv6 harus diset ke nol, dan harus ada header fragmentasi. Dengan pilihan ini, IPv6 mendukung ukuran paket samapai lebih dari 4 miliar octet. Ini memfasilitasi pentransmisian paket-paket video dalam ukuran besar dan memungkinkan IPv6 memanfaatkan kapasitasnya yang tersedia secara optimum apa pun media transmisinya.

Pilihan router yang selalu siap, bila ada, menginformasikan raouter bahwa muatan paket-paket ini untuk kepentingan router dan untuk menangani data kontrol yang terkait. Tidak adanya pilihan ini dalam datagram IPv6 menginformasikan raouterbahwa muatan paket-paket ini untuk kepentingan router dan untuk menangani data kontrol yang terkait. Tidak adanya pilihan ini dalam datagram IPv6 menginformasikan router bahwa paket-paket tidak memuat informasi yang diperlukan oleh router dan karenanya bisa diarahkan secara aman tanpa pemeriksaan paket lebih jauh.